Tiga Amalan yang Terus Mengalir Pahalanya saat Hayat Tak Lagi DIkandung Badan

Bismillah…

Assallamu’alaikum warahmutullahi wabarakatuh

Tahukah anda hakikat bumi kita ini? Ya,hakikatnya ia hanyalah sebuah tempat singgah,tempat mengumpulkan bekal.

Ya,Hidupnya anak cucu adam di muka bumi ini tidak lain untuk mempersiapkan bekal menuju akhirat kelak.Maka kesempatan menyiapkannya berbeda-beda untuk setiap insan.Karena pada akhir hayat,hilanglah kesempatan untuk beramal.

Pahala…Pahala…Pahala…

Berapa banyak bekal yang sudah anda siapkan?Berapa banyak Amal yang sudah anda kerjakan?Berapa banyak pula amal yang gugur karena kemaksiatan? Dan yang terpenting Berapa banyak waktu yang anda miliki di dunia ini untuk beramal?

Sesungguhnya setiap yang bernyawa pasti akan mati…dan setelah mati anda tak akan bisa lagi beramal.Namun tahukah anda?Walaupun seorang hamba wafat,pahala masih dapat mengalir kepada anda yg sudah menjadi tanah!

Lantas inilah yang anda perlukan! 3 Amalan dahsyat yang masih dapat memberi anda timbangan kebaikan setelah pelakunya menjadi tanah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

1.Shadaqah Jariyah

Sedekah jariyah maksudnya adalah memberikan harta/jasa yang manfaaat baiknya dpt diambil oleh orang lain.Contohnya: ikut andil dalam pembangunan masjid/madrasah. Maka insya Allah selama masjid/madrasah itu berdiri dan orang-orang dapat belajar & beribadah,maka selama itu pula pahala mengalir kepada anda.

2.Ilmu yang bermanfa’at

Ilmu akan bermanfaat jika kita sendiri terlebih dahulu mengamalkannya. Kemudian kita ajarkan ke orang lain. Jika orang yang kita ajarkan itu juga mengamalkan ilmunya, insya Allah kita akan mendapat pahala meski kita telah menjadi tanah.

3.Anak Sholih yang Mendoakannya 

Demikianlah amalan-amalan yang dapat mengalir walau hayat sudah tak dikandung badan.Semoga kita semua dapat mengumpulkan bekal yang cukup untuk hari kiamat kelak.Aamiin

Sekian…mohon maaf bila ada kesalahan…

Wassalaamu’alaikum Warahmatullah Wabarakaatuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *